JALAN KE TUAL

Perjalanan Ke Tual dari Jakarta

Tual, sejak lama telah dikenal oleh masyarakat Maluku sebagai daerah yang memiliki potensi wisata eksotis. Bila dibandingkan dengan daerah lain di Maluku, obyek wisata alam yang ada di kota Tual mampu menandingi tempat atau obyek wisata lain di provinsi ‘kapitan Pattimura’ ini. Tetapi dilihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung, obyek wisata alam di kota Tual masih kurang dikunjungi. Hal ini disebabkan oleh minimnya sebaran informasi yang terekspos ke media. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, Tual menjadi daerah wisata yang paling diminati oleh wisatawan dalam negeri terutama para traveling maupun wisatawan asing (wisman) untuk mengeksplorasi eksotisme alam disana. Semenjak ditemukannya sebuah pulau yang memiliki keindahan laut dengan beberapa bukit batu yang berdiri berjejeran di sekitar area pulau ini, makin menambah satu lagi keindahan alam di negeri Kei yang menjadi destinasi wisata alam yang patut dikunjungi. Bagi anda yang hobbi traveling dan berpetualang, terutama yang memiliki hobbi traveling di lautan dan pantai, Tual menjadi daerah yang paling direkomendasikan dan layak menjadi agenda utama anda jika ingin mengeksplorasi wisata alam di Indonesia. Karena di daerah ini, akan menawarkan puluhan keindahan laut, pulau dan pantai yang pasti membuat anda terpuaskan.
Waktu yang tepat saat traveling di obyek wisata yang ada di kota Tual adalah pada bulan April - Mei dan Oktober - November. Pada bulan ini, cuaca alam dan kondisi laut kota Tual dan sekitarnya sangat bersahabat sehingga tidak perlu khawatir dengan keselamatan dan kegiatan wisata anda.

Perhubungan Udara

Sarana perhubungan udara terletak di Langgur Kabupaten Maluku Tenggara yaitu Lapangan Udara Karel Sadsuitubun. Maskapai penerbangan yang membuka rute ke Lanud. Karel Sadsuitubun - Langgur antara lain Merpati Air, Wings Air, Ekspress Air dan Trigana Air (Pesawat jenis Foker 27) dengan frekwensi penerbangan sebanyak enam kali dalam seminggu ke Kota Ambon. Rute ke Kota-kota seperti Jakarta, Makassar, Surabaya serta ke Papua melalui Transit pada Bandara Pattimura Ambon. Jarak kota Tual sendiri ke Ibu kota Propinsi Maluku di Ambon adalah : 617,40 km atau sekitar 343 mil laut yang ditempuh selama ± 80 menit.

Informasi Bandara Tual (LUV) Karel Sadsuitubun Ibra -Langgur

Bandara Karel Sadsuitubun Ibra -Langgur dengan kode bandara LUV merupakan bandara yang melayani penerbangan perintis dan terletak di Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.
Dengan Lion Air harga tiket berkisar antara Rp. 2.997.000,- kalau lagi beruntung bisa dapat harga Rp. 1.700.000,- harga promo Lion Air dari Jakarta (CGK) ke Tual (LUV). Jadwal Perjanlanan dari Jakarta Pukul 01.30 WIB dinihari sampai ke Ambon jam 07.00 WIT pagi hari Lama Perjalanan Jakarta-Ambon kurang lebih 3 Jam 30 menit, perbedaan jam antara WIB dan WIT sekitar 2 jam, kemudian transit di Ambon di bandara Fatimura dan perjalanan dilanjutkan sekitar Pukul 12.25 WIT dengan pesawat ATR Wings Air sampai ke tual (LUV) sekitar jam 13.50 WIT atau kurang lebih perjalan Ambon-Tual 1 Jam 25 Menit.
Jadwal waktu tempuh sekitar pukul 04.30 WIB (CGK) pagi hari sampai Ambon (AMQ) jam 12.05 WIT lama perjalanan kurang lebih 5 jam 35 menit dimana biasanya pesawat akan transit dulu di Ujung Pandang Makkasar, baru melanjutkan perjalanan jam 16.05 WIT waktu Ambon (AMQ) menuju ke Tual (LUV) jam 17.30 lama perjalanan kurang lebih 1. Jam 25 menit.
Perjalanan dari jakarta ke Ambon dapat disesuaikan dengan jadwal kita bisanya jam berapa karena jadwalnya bukan hanya jam 01.30 tapi juga jam 06.05.00 WIB lewat bandara Halim Perdana Kususma (HLP) Jakarta Timur sampai Ambon (AMB) jam 11.35 WIT pakai pesawat Batik Air, kemudian dilanjutkan dengan pesawar Wings Air yang jam 12.25 WIT Ambon (AMQ) sampai Tual (LUV) jam 13.50. jadwal penerbangan Wings Air menuju Tual (LUV0 hanya dua kali yaitu jam 12,25 WIT dan 16.05 WIT.

Sedangkan kalau menggunkan pesawat Garuda Indonesia biaya sekali perjalanan Jakarta (CGK) ke Tual (LUV) berkisar antara Rp. 2.230.000,- sampai dengan Rp. 2.736.000,- kalau ada yang promo bisa dapat harga yang lebih murah lagi.

Perjalanan dari Jakarta (CGQ) ke Ambon memakan waktu tempuh berpariasi tergantung dari jadwal/jam mana yang dipilih, misalnya kalau kita memilih jam 08.15 Wib dari Jakarta (CGK) sampai Tual (LUV) sekitar pukul 17.20 WIT atau kurang lebih 7 jam 05 menit dengan satu kali transit di bandara Patimura Ambon (AMB).

Sedangkan kalau kita memilih jam 23.45 Wib (CGK) Jakarta akan sampai Tual (LUV) jam 17.20. WIT kurang lebih perjalanan sekitar 12 jam 35 menit, dengan trasnit satu kali dibandara Patimura Ambon (AMB).



Perhubungan Laut

Kota Tual yang merupakan daerah kepulauan, keadaan ini menuntut adanya sarana transportasi laut yang memadai. Trayek-trayek pelayaran umum yang ada di Kota Tual  Kapal PELNI KM Tidar.



bagi wisatawan yang punya banyak waktu bisa menggunakan transportasi laut menggunakan Kapal Pelni KM Tidar dimana membutuhkan waktu kurang lebih 6 hari perjalanan, namun banyak tempat yang bisa disinggahi dimana rute perjalanan dimulai dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju ke Surabaya kemudian dilanjutkan ke Makassar dilanjutkan lagi ke Bau-Bau kemudian baru masuk Ambon dilanjutkan lagi ke Banda Baru ke Tual, dengan lama perjalanan kurang lebih 6 hari biaya untuk ongkos Kapal hanya RP. 655.500,- untuk dewasa, Rp. 494.000,- untuk anak-anak, sedangkan untuk bayi Rp. 73.500,- dalam perjalanan semua penumpang kapal yang memiliki tiket dapat jatah makanan sehari 3 kali (Pagi, siang dan malam).

Bagi anda yang ingin menjelajahi lautan Timur Indonesia, menaiki kapal pelni sangat direkomendasikan. Namun perlu dipertimbangkan pula bahwa jadwal berangkat kapal menuju kota Tual─Maluku Tenggara hanya berlangsung 2 kali dalam sebulan dengan waktu tempuh dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta─pelabuhan Yos Sudarso Tual selama 2 minggu.


Oh iya.. selain obyek wisatanya, rasanya kurang pas kalau tidak membeli oleh-oleh khas kota Tual seperti embal keju, kacang botol, embal kacang, embal bunga. Dan yang tak kalah nikmatnya adalah Lutlutak. Semuanya jenis cemilan ini sangat mudah anda temukan karena banyak dijual di pasar ataupun di toko oleh-oleh. Harganya variatif berdasarkan jenis cemilan yang dibeli dan sangat terjangkau.
SAMPAI DI KOTA TUAL WISATAWAN DAPAT MELIHAT PEMANDANGAN BAWAH LAUT KOTA TUAL



foto suasana di kota tual















Komentar

  1. usia 26 tahun, baru tahu ada kota namanya Tual. huah tengkyu for sharing pak...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SARANA DAN RUMAH MAKAN DI TUAL

GAMBARAN DAN SEJARAH KOTA TUAL

PANTAI NAM INDAH